Langsung ke konten utama

Pembuatan kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi



Halo guys ketemu lagi disini, Haha. Jangan bosen-bosen yah ketemu aku, wkwk. Oke, kali ini aku bakal jelasin gimana sih caranya bikin kartu kuning. Eh btw kartu kuning itu apa ya? Sejenis kartu yang warna nya kuning gitu? Wkwkw, salah salah salah. Kartu kuning itu bukan kartu yang berwarna kuning, tapi kartu yang menunjukkan kalau pemilik kartu tersebut saat ini berstatus pencari kerja dan umunya berlaku selama 2 tahun. Pencari kerja gak selalu belum bekerja lho yah..bisa jadi beliau-beliau nya lagi cari kerjaan yang lebih baik, ceileh..  curhat nih ye😅

Proses pembuatan kartu kuning gak seribet pembuatan SKCK yang aku jelasin sebelumnya ya, prosedurnya relatif lebih mudah lho. Sepertinya biasanya kalian pasti wajib nyerahin dokumen juga kesini , buat nglengkapin persyaratan. Oke, langsung aja ya

Pertama, kalian siapin fotokopi ijazah terakhir, fotokopi KTP dan foto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar (biasanya sih background merah). Kalo saranku kasihin aja fotokopian yang gak dilegalisir, kasih aja fotokopian yang biasa. Toh masih dibolehin sama sananya. Sayang kan legalisiran terbuang sia-sia, wkwk. Mending muat modal nglamar kamu.. eh salah, ngalamar kerja maksudnya, atau nglamar kuliah juga bisa.

Kedua, pastinya kalian harus dateng ke dinas tenaga kerja dan transmigrasi dong. Gimana mau dapet kartu kuning kalau cuma dirumah doang, wkwkwk. Kalau di Nakertrans sih agak fleksibel untuk jamnya, disana masih mau nglayanin selama jam kerja. Hehehe. Tapi ya, tetep aja lebih baik dateng lebih awal biar antrinya gak terlalu panjang guys. Sayang kan waktunya kebuang banyak cuma buat antri doang, mending buat nge-game, eh...😂😂

Ketiga, setelah kalian sampai di Nakertrans, kalian langsung aja ke bagian pendaftaran.

Bilang aja ke petugasnya kalau kalian mau bikin kartu kuning, jelasin juga
keperluannya buat apa. Nanti kalian akan diminta isi daftar hadir, kemudian petugas akan meminta berkas-berkas yang udah kalian siapin tadi. Petugas juga bakal ngasih form isian tambahan yang dijadiin satu sama berkas kalian tadi. Kalian isi deh form yang dikasih sama petugas. Setelah lengkap semua form isiannya, kalian kasih deh ke bagian pelayanan kartu kuning / AK 1.


Keempat, kalian tinggal tunggu sampai nama kalian dipanggil. Jadi deh kartunya...horeeee... Eh iya, untuk proses pembuatan kartu kuning cuma sekitar 30 menitan aja, relatif lebih cepet dari pembuatan SKCK, mungkin karena antriannya gak terlalu banyak juga kali yah, ha-ha-ha.

Kelima, nah setelah kartu kapan pegang, saranku, kalian langsung aja minta legalisir. Biasanya kalo daftar di instansi pemerintah, mintanya gak sekedar fotokopian biasa, tapi yang udah di legalisir. Kalo mau legalisir, kalian fotokopi dulu, biasanya maksimal 5 lembar doang, yah lumayan lah, buat nambah-nambah berkas dirumah, wkwwk. Setelah fotokopi, kalian kasih lagi ke bagian pelayanan kartu kuning, tunggu beberapa saat (kayak lagi masak aja yak😂😅😅). Jeng.. jeng.. dan nama kalian dipanggil, itu tandanya proses legalisir kartu kuning telah selesai. Yeay.... Waktu nya pulang deh...

Jadi begitu ya guys, cara pembuatan kartu kuning di Nakertrans. Gampang kok caranya, selamat mencoba ya😅😂

Keep moving forward 😊😊😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkuliahan Jarak Jauh

Bagi sebagian orang judul ini udah gak asing lagi ditelinga mereka. Terutama mereka yang bergelut di dunia pendidikan ataupun pekerjaan yang menuntut lulusan pendidikan tinggi. Bahasa kerennya sih biasanya pada bilang karena tuntutan profesi. Yap.. nggak dipungkiri ya memang bener sih kalau alasannya karena itu... termasuk aku, wkakakka Kuliah jarak jauh enak dong ? kan jarang-jarang kuliahnya... Eits.. jangan anggap remeh dulu gaes. Kuliah jarak jauh gak segampang yang kalian kira (ini sih versi aku sendiri). Kalau aku jujur aja berat buat ngelanin kuliah jarak jauh. Lha kok bisa ? Kan enak tuh gak perlu mikirin kuliah tiap hari.. kan jadi nggak bosen.. Wkakakakaka, kata siapa??? Kebetulan aku mahasiswa kelas jarak jauh juga. Aku kuliah di salah satu politeknik terbaik di Indonesia.. halahlah. Eh seriusan.. aku kuliah di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Aku ambil kelas transfer D4 disana dan lagi-lagi karena tuntutan profesi.. ceileh.. ckakakakaa. Sebelum lan...

Uninstall Oracle 11g di Windows 10

Matikan service Oracle. caranya ketik: services.msc di CMD. Stop semua service yang bernama awalan “Oracle*“  Uninstall semua komponen dengan menggunakan deinstall.bat via CMD. Disini folder app saya terletak di D sehingga saya ketikan D:\app\user\product\11.2.0\dbhome_1\deinstall>deinstall.bat Di registry,hapus: -tree Oracle di HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/ORACLE–HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Services\Ora* Hapus variabel Oracle di PATH jika ada Delete “D:\app” direktori,yang merupakan direktori ORACLE_BASE Anda. Delete “C:\Program Files\Oracle” Bersihkan isi “C:\temp” jika ada Kosongkan recycle bin. Oke, selamat mencoba ya. Keep moving forward

Pengalaman Sidang Tilang

Halo guys.. kali ini aku mau share pengalamanku mengikuti sidang tilang. Yap.. pasti kalian semua udah nggak asing lagi kan sama yang namanya "tilang"? wkwkwkwk. Siapa sih yang nggak tau "ditilang". Uhm.. tilang yang dimaksud disini karena kita udah ngelakuin pelanggaran lalu lintas ya guys. Bukan tilang yang lain-lain, heheheh :D Oke, langsung aja ya. Dua minggu yang lalu aku kena tilang nih guys. Biasalah, namanya warga yang saat banget sama hukum sampai-sampai lupa belom bayar pajak. Jujur aja akhir-akhir ini aku biasanya lewat jalan tikus, sengaja buat ngehindarin tilangan. Tapi nggak buat malam itu, hahaha. Sepulang dari luar kota dan entah karena apa, aku nggak fokus banget nyupirnya (nyupir motor :p). Biasanya gak lewat jalan itu, tapi karena udah terlanjuur, ya udah deh.. "Toh rada gerimis inih, siapa juga yang mau nilang malem2 uajn gini", gumamku dalam hati. Dan tak disangka, ketika melintas jalan satu arah yang rada "horor" itu, t...